Catat! Ini Titik & Tanggal One Way-Contraflow Mudik Lebaran 2024

SHARE  

Suasana sejumlah kendaraan menuju arah Cikampek melaju saat pemberlakuan contraflow di kilometer 47 Tol Jakarta-Cikampek, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (23/12/2023). (CNBC Indonesai/Muhammad Sabki) Foto: Suasana sejumlah kendaraan menuju arah Cikampek melaju saat pemberlakuan contraflow di kilometer 47 Tol Jakarta-Cikampek, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (23/12/2023). (CNBC Indonesai/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah dan kepolisian akan memberlakukan kebijakan satu arah atau one way, dan penambahan jalur lawan arah atau contraflow saat masa mudik Lebaran 2024 di jalur Tol Trans Jawa.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugianto mengatakan, sistem rekayasa lalu lintas itu akan diterapkan sejak 5 April 2024 atau H-5 Lebaran 2024.

“Jadi ini sesuai surat keputusan bersama (SKB) masalah manajemen dan rekayasa lalu lintas di jalan tol ke arah Timur,” ucap Hendro saat konferensi pers secara daring, Minggu (17/3/2024).

Meski begitu, untuk sistem rekayasa lalu lintas yang terdiri dari kebijakan oneway, contra flow, dan ganjil genap itu diterapkan sesuai dengan situasi kepadatan lalu lintasnya. Jika indikatornya hijau atau lancar maka tidak diberlakukan.

Baca:Menhub: 28,4 Juta Penduduk Jabodetabek Mudik Lebaran Tahun Ini

Semua ini adalah situasional tergantung bagaimana Korlantas menyikapi terhadap traffic counting yang ada di pengelola jalan tol. Jadi semuanya kami serahkan kepada Kepala Korlantas Polri,” tutur Hendro.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Brigjen Aan Suhanan merincikan, untuk penerapan oneway selama arus mudik, rencananya digelar di KM 72-KM 414 mulai 5 April 2024 sampai dengan 9 April 2024.

Sementara itu, untuk kebijakan contraflow akan diterapkan di KM 36-KM 72 khusus 5 April 2024 sampai dengan 11 April 2024. Adapun untuk kebijakan ganjil genap diterapkan di KM 0-KM 414 pada 5 April 2024 sampai 9 April 2024.

“Apabila situasi arus lalu lintas di bawah parameter yang sudah kita tentukan pemberlakuan semua ini akan disesuaikan,” tegas Aan.

Khusus untuk kebijakan ganjil genap, dia menekankan tidak akan ada lagi pemberlakuan putar balik atau penghentian kendaraan. Melainkan langsung akan direkam sebagai tindakan pelanggaran melalui kamera Electronic Traffic Law https://menghadapimu.com/Enforcement (ETLE).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*